Saat meninjau stan-stan di pameran KTT IORA 2017, Presiden Joko Widodo sempat mengunjungi stan kursi rotan. Jokowi saat itu bersama Perdana Menteri Malcolm Turnbull, Perdana Menteri Bangladesh Seikh Hasina, Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, dan Presiden Tanzania Ali Mohammed.

Jokowi juga sempat mengajak para pemimpin negara peserta KTT untuk duduk di kursi santai. Mereka duduk sekitar lima menit.

Menurut pemilik kursi rotan Satori, Satori Rattan, dirinya sangat senang ketika hasil produksinya diduduki para kepala negara/kepala pemerintahan. Apalagi, mereka pun memuji kursi santai buatan Satori.

“Wah perasaan saya bangga sekali. Artinya kursi hasil desain kami bisa diduduki oleh Pak Jokowi, presiden kami bahkan bukan cuman Pak Jokowi yang duduk. Artinya ada Perdana Menteri Australia, Presiden Afrika Selatan, Perdana Menteri Bangladesh dan juga Presiden Mozambik,” kata Satori kepada kumparan di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Selasa (7/3).

“Harga kursinya Rp 2,2 juta. Biasanya kita dengan dolar, kan. Saya produksinya spesialisasi ke rotan. Dan rotan itu sangat luas bisa buat lampu, tempat tidur. Tapi kami lebih fokus ke kursi,” lanjut dia.

Satori juga mengatakan bahwa ketika itu Turnbull memuji kursi santai buatannya. Ditambahkan Satori, Hasina pun turut memuji kursi yang ia duduki.

“Turnbull bilang kalau kursinya enak dan bagus. Kalau PM Bangladesh (Hasina) malah bilang kalau dia gak mau beranjak dari kursi yang dia duduki,” ucap Satori.

Dijelaskan Satori, setelah para kepala negara menduduki kursinya, banyak sekali yang memesan kursi santai padanya. Terutama kursi yang duduki Jokowi.

“Tadi ada dari Embassy Bangladesh langsung pesan buat di sana. Tadi juga ada dari Paspampres, Kemendag,” tuturnya bangga.

Saat meninjau pameran KTT IORA, Jokowi didampingi oleh Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukito, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf.

Sumber : https://kumparan.com/@kumparannews/diduduki-jokowi-kursi-rotan-ini-langsung-laris